SLIDER

IMUNISASI ANAK DI MANA? - coba vaksin di posyandu sampai RS



Hal yang pasti para new mom pikirkan ketika baru melahirkan adalah, mau vaksinasi anak di mana ya? Gak cuma itu, dulu saya blank banget soal vaksinasi, vasksinasi ada apa saja? merk apa? harganya berapa? jadwalnya kapan saja?
Waktu pertama kali BabyA jadwal vaksin saya nervous banget. Takut vaksinnya palsu, takut babyA kesakitan, takut demam, takut ada efek samping jangka panjang. Bahkan sempet kepikiran buat antivaksin (brb dihujat masyarakat). Pokoknya research nya lama, semua tempat vaksin saya telponin dulu dan dibandingkan harganya. Akhirnya saya memutuskan mencoba ke beberapa tempat yang menyediakan vaksin (buat anak kok coba-coba, hehe), tidak semua sih, tapi saya jadi cukup paham dimana dan bagaimana imunisasi di berbagai tempat yang menyediakan vaksin.

Posyandu

Negara Indonesia sudah memberikan fasilitas vaksinasi gratis di posyandu, untuk vaksin wajib. Saya  pernah kerja dalam proyek di UNDP tentang distribusi vaksinasi. Yang saya tahu, justru vaksin di tingkat posyandu atau puskesmas itu yang terjaga keaslian vaksinnya. Iya, soalnya benar-benar di data oleh pemerintah cold chain-nya sampai ke tingkat posyandu. Gratis pula, mana ada vaksin palsu yang gratis, ga ada untungnya dong buat si pembikin vaksin palsu hehe.

Meskipun saya cukup bulat tekad untuk memvaksinasi di posyandu, sebenarnya saya belum pernah vaksin baby A di posyandu, karena, di Posyandu RW tempat tinggal saya justru tidak ada layanan vaksin. Nah ini juga salah satu kelemahannya sih, tidak semua posyandu memiliki vaksin. Tapi salah satu teman saya cerita, dia selalu memvaksinasi anaknya di posyandu, di Depok. Dan itu gratis-tis tis untuk  semua vaksin wajib. Lumayan yaa hemat bangeeet hehe.

Ohya, awalnya saya pusing banget apa sih beda posyandu dan puskesmas. Jadi posyandu itu literally pos, cuma ada satu bulan sekali, untuk menjangkau masyarakat se-RW. Kalau posyandu dekat rumah saya itu biasanya diadakan di masjid setempat atau gazebo taman kompleks. Cara biar bisa ke posyandu adalah, tanya bapak/ibu RT setempat, tanya kapan diadakan Posyandu, siapa kadernya di RT/RW tersebut, kalau bisa minta no. HP nya, nah setelah itu tanya setiap kapan Posyandu diadakan, kalau perlu minta agar diinfokan setiap kali akan diadakan. Apabila punya bayi, penting mendata ke RT atau kader posyandu agar dapat undangan (kalau di saya begitu), setiap kali Posyandu akan diadakan. Biasanya di hari jumat minggu ke-2. Ohya di posyandu selain vaksin juga ada pemberian vitamin A dan obat cacing, serta pengukuran bayi setiap bulan. G-R-A-T-I-S. Jadi, ayo rutin ke posyandu! *jadi iklan

Puskesmas

Sayangnya, saya juga belum pernah vaksin di puskesmas, karena alasan pribadi sih, bersangkutan dengan pelayanan puskesmas di dekat rumah saya hehe. Kalo di Posyandu itu pelayanannya memang lebih ramah, dan sepi karena kan cuma se RW aja, nah kalau di Puskesmas itu ngantrinya jg lumayan ya, soalnya kan sekelurahan, dan waktu itu baby masih kecil banget, jadi saya mengurungkan niat untuk ke Puskesmas.
Namun saya pernah tanya ke puskesmas, kalau di puskesmas itu juga sama dengan posyandu, yakni ada vaksin gratis untuk yang wajib, hanya membayar biaya administrasi aja, sepertinya 10.000-15.000. Pokoknya murah. Intinya cuma ada biaya administrasi saja dibandingkan dengan di posyandu. Nah, jika di posyandunya tidak ada vaksinasi, bisa dicoba datang ke Puskesmas terdekatnya, hopefully pelayanannya bagus, hehe.

Rumah Vaksin by dokter Piprim

Nah, saya pernah, dan suka vaksin di Rumah Vaksin, kebetulan di Bandung ada Rumah Vaksin di Pasteur. Menariknya, di RV ini biaya vaksinnya ada yang lebih murah dan juga tidak ada biaya jasa dokter, dan juga di sana bisa konsultasi tumbuh kembang anak dengan dokter umum.
Tempatnya menurut saya enak, ada mainan di ruang tunggunya. Pelayanannya juga bagus menurut saya, dan kadang malah mereka punya vaksin lebih lengkap dari di tempat lain. Misalnya waktu itu babyA mau suntik PCV pakai prevenar13, di mana-mana gak ada bahkan di Bio Farma lagi gak ada, nah luckily di Rumah Vaksin ini ada. Jadi, untuk yang mencari vaksin yang gak ada di rumah sakit misalnya, bisa coba telepon di Rumah Vaksin untuk ketersediaannya, sebagai alternatif.

Bio Farma (Bandung only ?)

Untuk yang tinggal di Bandung, beruntunglah karena Bio Farma punya bagian Immunicare yang khsusus melayani vaksinasi. Di sini sama seperti di Rumah Vaksin, yaitu tidak ada biaya jasa dokter, jadi hanya bayar untuk vaksinnya saja.
Di sini juga bisa mengukur BB, TB dan LK anak. Bedanya, di sini tidak ada dokter yang bisa berkonsultasi soal tumbuh kembang anak, jadi just shot and go . Harga vaksin sebenarnya sama atau beda tipis dengan di Rumah Vaksin. Ada yang lebih murah dan juga ada yang lebih mahal. Jadi saya biasanya telepon dulu biayanya masing-masing berapa, biar saya bisa memutuskan untuk ke tempat yang lebih murah (hehehehe).

Rumah Sakit

Pertama kali baby A vaksin itu di Rumah Sakit, karena sekaligus konsultasi tumbuh kembang dengan dokter. Di rumah sakit ini tentu pelayanannya jauh lebih ok ya. Apalagi kalau rumah sakit swasta. Tapi, jatuhnya lebih mahal, karena ada biaya dokter, admin, dan juga harga vaksin yang lebih mahal dibandingkan di Bio Farma/ RV. Biasanya sih saya vaksin di RS kalau misalnya memang saya ingin sekalian konsultasi rutin saja dan kebetulan bertepatan dengan jadwal vaksin, jadi biaya jasa dokternya ga sia-sia, bisa cuma buat tanya-tanya juga hehe.

*
Nah jadi menurut saya, enaknya vaksin di mana? Kalau saya nanti punya baby lagi, kalau untuk vaksin wajib, enaknya ambil fasilitas vaksin gratis di Posyandu atau Puskesmas. Karena itu hak semua bayi lho, bukan untuk yang kurang mampu saja, kan namanya program pemerintah.
Nah untuk vaksin tambahan yang tidak wajib, bisa di Rumah Vaksin atau Bio Farma agar lebih murah (bisa juga vaksin untuk orang dewasa seperti flu/meningitis untuk umroh). Lumayan sih kalau di Bio Farma atau RV, bisa hemat 400-500rb-an dari total keseluruhan dibandingkan vaksin di RS.
Tapi, kalau misalnya sedang ada keluhan, atau ingin sekalian check up ke dokter, lebih enak kalau sekalian vaksin di RS. Itu pendapatku, hehe feel free to share your experience! 

No comments

Post a Comment

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.