SLIDER

5 REKOMENDASI BUKU UNTUK IBU HAMIL

Hamil selama 9 bulan adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan banyak hal. Salah satunya adalah ilmu tentang hamil itu sendiri, melahirkan dan saat bayi sudah lahir. Memang ada banyak buku-buku tentang hamil dan melahirkan yang ada, nah di sini saya ingin merekomendasikan buku-buku yang menurut saya paling worth it untuk dibaca oleh para ibu hamil dengan alasan informasinya lengkap dan penyampaiannya juga bagus.

1. Bebas Takut Hamil dan Melahirkan - Yessy Aprilia

Buku ini menurut saya benar-benar mengurangi rasa takut menghadapi proses persalinan. Semua ibu baru, kecuali mungkin yang bekerja jadi dokter atau bidan, pasti benar-benar gak kebayang nanti saat persalinan itu gimana sih? Teknisnya tuh gimana? Step by step nya gimana? Apa yang harus dilakukan? Apa yang harus dipersiapkan?
Buku ini menjawab tuntas tentang persiapan dan proses persalinan
Bu Yessy @bidankita juga sangat informatif melalui Instagram dan Websitenya. Wajib baca!

Selain proses persalinan, buku ini juga mengedukasi para ibu hamil untuk memberdayakan diri! Masa mau persalinan yang lancar tapi leha-leha? Memberdayakan diri itu bagaimana? Cari ilmu, banyak olahraga, makan sehat, mencari provider yang sesuai. InsyaAllah ketika sudah memberdayakan diri, kita merasa sudah berusaha maksimal untuk mencapai persalinan yang minim trauma dan minim intervensi. Harapannya bu bidan ini jangan sampai ibu-ibu jadi takut melahirkan lagi atau pasrah mau Operasi Saecar aja, karena sebenarnya operasi caesar itu juga lebih banyak kerugiannya daripada melahirkan normal lho. Kalau mau tahu bagaimana, bisa baca bukunya yaa, di gramedia ada hehe.

2. What to Expect When You're Expecting - Heidi Murkoff

Buku ini berbahasa inggris, bisa beli di amazon, atau marketplace online, biasanya ada yang menjadi distributor buku ini. Buku ini memberikan pemahaman secara menyeluruh terhadap kehamilan. Asli, buku ini lengkap banget, a-z tentang kehamilan, persalinan dan persiapan segala macam. Buku ini lumayan tebal sih dibandingkan buku lainnya, tapi worth it banget. Bahkan menurut saya, baca buku ini saja sebenarnya sudah cukup kalo dipahami secara mendalam haha.  Meskipun memang buku ini agak sedikit berat, tapi buat teman-teman yang tidak masalah membaca buku asing, ini recommended, gak heran buku ini menjadi best seller secara global.


3. Buku Pintar ASI dan Menyusui - F. B. Monika

Jangan lupa, ibu hamil harus baca dan khatam juga tentang menyusui! Buku ini sangat informatif menurut saya dan penjelasannya juga detail dan terstruktur. Sehingga pembaca jadi bisa tahu gambaran dan kemungkinan-kemungkinan yang ada dalam menyusui.

Jujur saya agak telat baca buku ini, yakni saat saya sudah mulai drama menyusui haha. Tapi, buku ini membantu sekali, untuk memahami bayi menyusui. Awal menyusui itu di kepala saya banyak sekali pertanyaan, kenapa bayi begini kalo menyusui, kenapa bayi susah sekali menyusui, kenapa bayi gumoh setelah menyusui, apa ASI saya kurang? apa bayi saya sakit? Berkat buku ini, kecemasan saya terhadap menyusui berkurang dan saya lebih percaya diri menyusui, karena buku ini menjawab semua kekhawatiran para ibu menyusui baru. Biasanya saya beli buku ini untuk kado kehamilan teman saya, karena saya tidak ingin teman-teman saya mengulang kesalahan menyusui saya (curhat wkw).

4. A-Z Perawatan Bayi Baru Lahir - Fransisca Handy

Buku ini menurut saya cocok sekali bagi ibu baru. Buku ini buku  yang paling ringan dibaca tetapi cukup informatif untuk menyambut bayi baru lahir. Dulu, selain clueless tentang proses melahirkan, saya juga clueless gimana nanti teknis ketika sang bayi sudah ada di tangan kita? Harus ngapain aja? Di buku ini dijelaskan cukup detail dan terstruktur, dari mulai persiapan melahirkan, barang apa yang perlu dipersiapkan untuk bersalin dan untuk bayi baru lahir, bahkan sampai MPASI dan ketika anak sakit nanti.

Jujur buku ini termasuk salah satu yang saya bawa ketika saya mau melahirkan, karena memang informasinya cukup mendetail jadi saya merasa aman membawa buku ini hehe.

5. Buku KIA - Kemenkes

Buku ini disebut juga buku pink, kepanjangan dari  buku Kesehatan Ibu dan Anak, yang bisa didapatkan di puskesmas atau diunduh online. Kebetulan karena saya tidak kontrol di puskesmas saya tidak pernah dapat buku ini, tapi ada kok versi online-nya.
Menurut saya ini superlengkap dan sangat relevan untuk yang tinggal di Indonesia. Ada mulai melahirkan, menyusui, mpasi sampai vaksinasi juga ada. Saya baca buku ini agak telat yaitu pas akhir trimester, padahal saya sudah download dari awal hamil, tapi lupa dibaca haha. Ternyata isinya dari A-Z juga haha, malah banyak ilustrasinya. Saya sendiri terkagum wah ternyata Indonesia punya buku yang bagus dan edukatif untuk rakyatnya yang hamil. Buku ini juga menurut saya bisa dibaca dari kalangan bawah sampai atas, karena memang menggambarkan Indonesia juga dan penjelasannya juga mudah. Nah, buat pemula, juga bisa nih download langsung dari web kemenkes, gratis pula, download di sini.

**
Nah itu saja sih rekomendasi dari saya. Ada beberapa buku lain yang saya baca juga tentang hamil menyusui dan lainnya, tapi di sini saya hanya share yang benar-benar menurut saya paling worth it, dan lengkap, dan mudah dibacanya. Bahkan seringkali saya jadikan kado untuk teman yang sedang hamil hehe (kecuali buku KIA ya hahaha). Kalau ingin lihat buku-buku lain yang pernah saya baca, bisa check akun Goodreads saya, cari di blog ini ya link nya :)

Sekarang saatnya share yang mana buku favorit teman-teman?

No comments

Post a Comment

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.