SLIDER

BABY A 18 MONTHS - milestone series


Yippie A sudah 1,5 tahun! Waktu usia 15 bulan, saya udah rada blank gitu Afka umurnya berapa, kalo ditanya "usia brp anaknya bu?" saya malah jawabnya 1,5 tahun hahaha, lieeuur. Akhirnya kali ini bener-bener bisa nyebutin kalo anaknya 1,5 tahun. Mari kita lihat udah bisa apa aja ya si Afka hehe

Sebenarnya perkembangannya cukup lurus aja dengan dua bulan kemarin, masih berkutat di bahasa. Nah, bulan ini Afka jadwal vaksin dobel, yaitu DPT booster dan IPV. Alhasil demam, rewel dan gamau makan huhuh. Tapi kok..setelah itu tiba-tiba tambah pinter ya? Hahaha ada yang ngerasa gak sih tiap anaknya disuntik trus tambah pinter, seinget saya setiap Afka disuntik yang bikin demam tuh beberapa hari kemudian ada aja kemampuan barunya hahaha.

Waktu di suntik, kan dobel paha kanan kiri, dia jerit lah kayak biasa. Pas udah disuntik yang ke dua dia bilang:
"Udah udah udah"
"tutup tutup tutup" (minta tutup celananya) 
hahaha ampun maaf ya nak :")

Sumpah ya sejak dia bisa ngomong, saya benar-benar merasa lagi ngomong sama teman. Saya ngomong apa dijawab, saya tanya apa dijawab. Meski bahasanya masih bahasa bayi, tapi kadang ada kosa kata yang "anak gede" juga sih. Percakapannya mulai tek tok lebih cepet. Yaampuuun anakku sudah gede :""

Bisa Mengucap "Please"
Pengucapan "please" ini ada progresnya. Awal-awal lancar bahasa isyarat bayi, dia bisa ngomong please tapi harus disuruh, lalu bisa mengucapkan please pake baby signs tanpa disuruh.
Nah skrg dia bisa bilang "piish piish" sambil baby sign "please". Yaampun gimana ibun gak luluh. Dia udah ngucap magic words nya haha. Selama saya masih bisa toleransi dan bisa kasih pengertian, saya kasih lah keinginannya hehe.

Bisa Ngikutin Lagu Tahu Bulat 
Kaget sih tiba-tiba pas abangnya "lima ratusan", eh trus duluan disahut "guyih guyih noy" (gurih gurih enyoy). Abis itu karena lagunya diulang, dia jg bs bulang "tahu buyat", terus "totong totong" (sotong sotong goreng). Hahaha nih anaak kocak bgt

Bisa Pakai Sarung
Iya ceritanya dia punya sarung karet buat ikut saya dan suami solat. Dia itu udah lancar buka celana sendiri, nah dia mulai tertarik pakai celana sejak saya ajarkan kalau pakai celana duduk di pinggir kasur (kasurnya di lantai), tapi kalau celana, dia itu masih suka nyangkut di satu bolongan haha, sedangkan kalau pakai sarung dia bisa, tapi agak belum pas di bagian pantat sih haha. Mungkin kalau anak cewek udah bisa kali ya pake rok sendiri sehari hari hehe.

Bisa Mengucapka "Nggak"
Bulan-bulan kemarin, kalau dia menolak sesuatu, dia cuma geleng2 sambil bersuara penolakan. Sekarang dia bisa bilang enggak. "Ibun matiin lampu ya." "nggak nggak nggak". Pokoknya sekarang tetiba bedtime jadi rada drama dikit karena dia gamau matiin lampu :))))

Bisa Sedih. Sedih Aja.
Kalau permintaannya ditolak, dia bisa cuma nunduk aja atau nutupin muka, sambil kayak sedih gitu. GAK NANGIS. Kecuali kalau kita menyebut "afka nangis?" dia langsung beneran nangis hahaha. 
Yaampun biasanya kalo bayi kan ditolak apa langsung nangis kan, trus kalo saya sih biasanya kuat iman liat babyA nangis. Nah ini dia kayak cuma sedih aja gitu loh! wkwkw disitu malah saya gak kuat iman cuuuy kasian banget gitu

Bisa Makan Pedas dan Ngomong Pedas
Hahaha, ini tuh kocak. Dia kan emang suka penasaran sama sambel atau makanan yang saya bilang pedes (kadang saya boong juga sih). Kadang ga sengaja aja dia nyolek sambel dan biasanya dia teriak, panik, trus jilat2 baju aku biar pedasnya keluar hahaha. Nah sekarang dia kayak mau menantang dirinya, dia beneran mau yang agak pedas, aku kasih bener-bener secuil makanan yang mengandung pedas, trus dia cuma "haaah edesh" sambil ngipas2 tangan. Habis itu minta lagi HAHAHA

**
Saya bersyukur sekali babyA sekarang sudah lancar berbicara, kakek neneknya juga bangga sama dia haha. Eh tapi disamping itua ada juga sih yang bikin saya deg-degan, masih takut kalo-kalo baby A ngomong kalo ada "sesuatu" di rumah hahaha (baca juga: Gimana ya Kalo Anak Melihat Sesuatu?)
Semoga engga ya, soalnya bentar lagi pindah rumah haha. Doakan aja guys :")

No comments

Post a Comment

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.