SLIDER

SATU TAHUN PAKAI MENSCUP!! - keuntungan menggunakan menstrual cup

Bulan Juni lalu menandai satu tahunnya saya pakai menstrual cup! Yaay! Rasanya bangga (cie) dan lega banget loooh, karena tujuan utama saya pakai menstrual cup itu awalnya untuk lebih hidup ramah lingkungan, supaya gak nyampah pembalut plastik lagi! Selain itu ternyata ada banyak lagi keuntungan setelah menggunakan menstrual cup yang telah saya rasakan.

Cerita dulu, pertama kali saya pakai menstrual cup itu saat baby usia 6 bulan. Saya sudah ingin sekali mencoba menstrual cup dari saat hamil, tapi mau gimana, kan gak bisa mens hehe. Setelah menunggu 9 bulan + 6 bulan akhirnya saya mens, haha (biasanya kalau menyusui memang agak tertunda menstruasinya). Nah bulan Juni tahun lalu itu saya akhirnya mulai pakai menstrual cup. Awalnya saya coba merk Organicup, tapi ternyata kurang cocok dan saya sampai sekarang pakai brand Eco Talk.

Untuk cerita kenapa saya ganti dan beberapa pertanyaan lain seputar menstrual cup, bisa dilihat di highlight Instagram saya yaaa :)

Ohya, sebenarnya ada sih dua kejadian dimana saya harus pakai pembalut sekali pakai alias disposable. Pertama, waktu itu saya sekeluarga staycation di Ancol. Saya lupa ngecek aplikasi Flo, baru pas di hotel ngecek ternyata jadwalnya  2 hari lagi, mensnya harusnya pas kalau saya sudah pulang ke Bandung.
Tapi ternyata mens keluar 1 hari lebih cepat di hari terakhir saya di Ancol, dan saya gak bawa menscup!

 
Jadinya, terpaksa beli pembalut di mall Ancol dulu (btw, baru tau Ancol ada mall nya hehe).
Perasaan saya waktu pakai pembalut lagi? Gak enaak bangetttt. Asli udah merasakan enaknya pakai  menstrual cup, pakai pembalut biasa ternyata tuh risih banget. Basah sepanjang waktu, trus kalau sedang "ngucur" itu berasa banget ngalirnya (paham ga sih? hahaha), sampai setiap saat saya takut tembus karena kok berasa deres banget. Sedangkan kalau pakai menstrual cup itu bener-bener gak berasa apa-apa huhu cinta bgt.

Kedua kalinya, pernah waktu itu badan saya kurang sehat (tau lah ya kalau mau mens tuh rasanya begimana), nah saya udah benar-benar capek, lelah, males banget men-sterilkan si menscup. Sudah malam juga waktu itu mulai mens nya. Jadinya saya pakai stok pembalut lama yang ada hehehe.
Tapi gapapa deh, saya selalu ambil insightnya aja, ternyata ada hal-hal yang bisa dipelajari juga kalau balik lagi ke pembalut biasa. 

Ada beberapa hal sih yang menjadi hihglight selama pakai menscup, yang membuat saya suka dan bertahan pakai menstrual cup. Lets see, apa aja sih keuntungan menggunakan menstrual cup, versi saya ya hehe..

1. Gak Bau dan Gak Lecet
Waktu saya terpaksa pakai pembalut biasa lagi, satu hal yang saya notice. BAU! Dulu saya kira, darah mens itu bau, biasa lah bau besi gitu ga sih? Nah kalau saya lagi buang darah menscup tuh gak bau sama sekali, bahkan pernah saya dekati ke hidung, itu darah gak bau yang nyengat gimana-gimana. 
Nah waktu saya pakai pembalut sekali pakai lagi, ugh bau apek yang dulu saya anggap "bau mens" itu datang lagi. Saya jadi sadar kalau ternyata, itu adalah bau percampuran darah mens dengan bahan pembalut. Entah menimbulkan reaksi apa atau entah tumbuh berapa banyak bakteri, tapi yang jelas bau! oh no!
Terus, kalau pakai pembalut biasa itu suka bikin lecet ya huhu. Perih dan pegel aja bagian selangkangan. Alhamdulillah semenjak pakai menscup gak pernah lecet-lecet lagi :")

2. Gak Keputihan dan Gak Gatal
Keputihan ini salah satu musuh terbesar sayaa. Huhu saya gampang banget keputihan. Waktu hamil saya keputihan sepanjang kehamilan, sampai berkali2 harus dibersihkan Obgyn via cocor bebek dan dimasukkan obat keputihan (T,T). Seumur hidup, setiap habis mens biasanya saya pasti keputihan. Nah, amazingnya, setelah mulai pakai menstrual cup itu selesai haid alhamdulillah gak ada keputihan sama sekali :") 

Kemudian juga kalau pakai pembalut biasa itu, entah kenapa suka terasa gatal di vagina, mungkin karena sentuhan dengan darah dan bahan pembalut terus menerus dan juga gesekan pembalut. Nah kalau pakai menscup ternyata tidak gatal sama sekali. Ternyata pakai menstrual cup itu jauh lebih higienis kalau menurut saya.

3. Gak Perlu Beli dan Membuang Pembalut
Yesss, ga perlu dihitung lah ya saya sudah hemat berapa duit. InsyaAllah hemat adalah bonus. Saya bahkan sampai se-lupa itu sama pembalut. Waktu terpaksa harus beli pembalut itu sampai bingung biasanya beli merk apa. Hahaha, akhirnya ngasal aja.
Saya juga gak nyampah pembalut selama 1 tahun, kalau misalnya satu kali siklus mens membutuhkan 4 pembalut dikali 5 hari = 20pcs. Dikali 12 bulan = 240 pcs pembalut.
I save 240 pcs pembalut bertumpuk di TPA atau tertelan hewan lautan. Wah ternyata baru berasa impactnya tuh kalo udah setahun lebih yaa, aah coba tau menscup dari dulu!

4. Mens Jadi Singkat dan Gak Sakit
Ini gak paham kenapa, tapi waktu pakai menscup itu saya merasa "kok udah bersih aja", jadi misal biasanya 7 hari baru selesai sampai fleknya, tapi ini jadi 5 hari udah bersih semua. 
Nah yang paling terasa itu kadang di bagian dalam vagina (leher rahim ya kayaknya), itu kalau mens suka pegal bahkan sakit. Ada yang ngerasa yang sama nggak? 
Tapi kalau pakai menstrual cup itu gak berasa pegal lagi. Ini saya kurang paham alasannya, teori saya pribadi sih karena si menstrual cup itu sedikit membuka jalan rahim, dan mungkin sedikit "memijat" bagian situ ya jadi gak pegal. HAHAHA INGAT INI HANYA TEORI SAYA.
Kalau ada yang tau alasan scientific-nya boleh banget dishare ya!

5. Nyaman Banget!
Waktu pertama kali saya pakai menscup, jujur awalnya memang kurang nyaman, bukan karena brandnya yang kurang bagus ya, tapi ternyata memang ukurannya kurang cocok di saya.
Mungkin juga karena saya masih butuh latihan dan "jam terbang". Tapi setelah dapat menstrual cup yang cocok dan setelah terbiasa cara pakainya, testimoninya sama kayak kebanyakan orang yang sudah mencoba menstrual cup: "gak berasa pakai apa-apa".
Terus, kalau pakai menscup itu bahkan bisa lebih aktif dibandingkan orang di iklan pembalut tipis haha. Se-nyantai itu deh mau balik kanan balik kiri, lipet kaki, jongkok, bahkan ngangkang hahaha (maaf), gak ngaruh loh, gak bikin bocor. Hehe.

**
I really enjoy my 1 year experience in using menstrual cup! 
Terutama bagian higienitas, yang menurut saya jauh lebih higienis dibandingkan dengan pembalut disposable. Padahal menurut saya, secara umum sebenarnya saya bukan tipe yang telaten banget dalam soal higienitas pakai menscup. (ups haha)

Pernah bangun tidur lupa sama sekali kalo lagi dapet, udah mandi pagi segala, tapi jam 10 pagi baru dibuka menscupnya karena baru inget haha. Kalo diitung-itung, udah 12 jam (haduh). Soalnya bahkan kalau mandi tuh suka gak berasa lho kalau lagi mens, karena gak harus ngeberesin apa-apa, gak perlu buka pembalut, bersihin, gulung, buang, kucek celana dalam kalo tembus, dll. Mandi ya mandi aja kecuali kalau mau sambil mengeluarkan isi menscup. Se-lupa itu karena udah hari-hari terakhir mens jadi badan juga gak berasa lagi mens jadi ya bablas wkwk.

Pernah juga habis mens gak disteril, baru disteril pas mau dipakai aja, haha JANGAN DITIRU YA.

Saya tahu menstrual cup mungkin bukan pilihan buat semua orang. Mungkin ada yang merasa tidak nyaman juga apalagi yang belum pernah menikah/ aktif seksual. Kalau saya belum menikah mungkin saya juga kurang nyaman karena belum pernah mengeksplor bagian intim lebih dalam hehe.
Tapi, masih ada kok alternatif ramah lingkungan lain seperti pembalut kain. Memang sih perawatannya tidak semudah menstrual cup, tapi still worth it :)

Untuk yang sudah kepikiran mau beralih ke menstrual cup, go get them!!

Apa yang teman-teman pikirkan tentang menstrual cup?
Yang sudah lama pakai, share dong di comment pengalaman kalian pakai menstrual cup? )

No comments

Post a Comment

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.