SLIDER

7 APLIKASI BAGUS BUAT MILLENNIAL PARENTS (GRATIS)


I love being a millennial mom! haha. Jaman ini serba canggih, semua kebutuhan  gak perlu repot2 catat sana sini, baca sana sini. Semua tinggal dilakukan di HP aja, karena semua ada appsnya. Nah saya mau share beberapa aplikasi HP favorit saya yang membantu banget untuk memantau tumbuh kembang dan juga kesehatan anak. Ohya, kenapa saya bilangnya orangtua, karena gak cuma buat ibu-ibu aja ya, bapak-bapaknya juga boleh punya nih, masa tutup mata sama perkembangan anaknya hehe. Ohya setau saya aplikasi-aplikasi ini ada di andorid dan dan juga apple yaa.

1. Primaku

"Bun, kata tetangga, anak saya kecil, pasti ASInya kurang. Katanya suruh tambah sufor aja."

Buibu pakbapak, kriteria anak sehat itu bukan dari omongan tetangga ya, tapi dari Grafik! Grafik yang umum dipakai itu biasanya grafik WHO. Kalau grafik anak tetap naik sesuai minimal perbulan, tandanya ASI/sufor pasti cukup. Nah, jangan males dulu kalau gak bisa baca grafik, karena ada Aplikasi Primaku.

Di Primaku ini ada pencatatan BB, TB dan LK anak, yang otomatis di plot ke grafik. Jadi tinggal input aja tanggal sekian pengukuran anak kita berapa aja, nanti udah langsung jadi grafik, jadi bisa tahu tren grafik anak kita terus naik atau melandai. Biasanya kalau melandai ini lebih baik konsul ke dokter anak untuk tahu rekomendsi nutrisi yang lebih baik atau screening masalah kesehatan.

Selain itu juga ada pengecekkan tumbuh kembang anak sesuai usianya. Ini wajib punya banget deh buat parents, karena . Jadi kalau ada tetangga ngomong, anaknya kecil, anaknya telat jalan, coba deh buka HP, tunjukin aja hasil appnya! haha



2. Baby Center

Saya cinta sekali dengan aplikasi ini! Menurut saya ini aplikasi yang wajib punya banget. Mulai dari pregnancy milestone, kick counter,  contraction timer semua ada di sini. Mulai hamil, tampilan akan menjadi timeline kehamilan. Bayi seukuran apa, apa saja yang terjadi, symptom apa yang akna dirasakan oleh ibu, dll. Nah ketika sudah melahirkan, tampilan akan berubah menjadi perkembangan anak setiap minggunya, dan artikenya bagus-bagus sekali! Sangat related dan modern dan lengkap! Sayangnya entah kenapa kalau di appsnya, timeline bayi yang ada artikel mingguannya cuma sampai baby 1 tahun, tapi tenang, kalau subscribe emailnya, akan dikirimkan email juga kok tentang perkembangan anak lebih dari 1 tahun, dan juga ada semacam "birth club"nya gitu, jadi semacam milis ngobrol sesama ibu-ibu yang anaknya seusia, jadi bisa tanya masalah anak, atau tau bayi lain lagi ada masalah apa, dan seringkali solusinya relevan banget sama yang kita sedang alami.

Saya masih keep aplikasi ini karena saya masih suka search artikel jika saya bingung seesutu. Again,  karena lengkap banget. Misalnya "jadwal tidur anak 15 bulan" pasti ada, dari perkembangan, resep makan, sleep training, potty training, baby sign, stimulasi anak, bahkan sampai rekomendasi barang yang dibutuhkan anak, ada semua serius, paling tidak 90% yang kita search pasti ada deh. I LOVE IT!



3. CDC Milestone 


Ini adalah aplikasi resmi dari CDC (Center of Disease Control), memang ratingnya masih sedikit sih dan sepertinya tidak terlalu populer, tapi saya kasihtau apa yang saya suka. Aplikasi ini mengecek milestone anak sesuai usia. Sebenarnya di aplikasi Primaku ada,  bedanya adalah, di sini ada video-video contoh perilaku anak yang bisa ditonton, jadi gak bingung, maksudnya poin ini apa? maksud poin itu apa?. Seperti Baby Center, aplikasi ini berbahasa inggris, tapi bahasanya mudah kok, bisa lihat contoh di bawah, ada contoh poin pengecekan perkembangan.

Selain CDC milestone ini sebenarnya CDC juga mengeluarkan aplikasi Growth, semacam aplikasi Primaku versi luar negeri, tapi saya tidak pakai karena saya rasa sudah cukup menggunakan aplikasi Primaku saja, dan untuk grafiknya agak sedikit berbeda dengan grafik yang dipakai di Primaku. Di Primaku juga lebih user friendly dari aplikasi Growth yang saya maksud, jadi tidak saya gunakan.



4. Chai's play

Aplikasi ini berisi rekomendasi permainan atau stimulasi anak sesuai dengan usianya. Jadi, para parents gak perlu bingung harus stimulasi anaknya ngapain? Sesuai gak sama usianya? Karena di apps ini ada semua rekomendasinya. Di kala pandemi ini khususnya buat parents yang biasanya working, aplikasi ini jadi berguna biar  gak bosen di rumah aja, karena ada ide bermain anak.

Selain Instagram Chai's Play juga lumayan informatif, sering share beberapa permainan seru yang bisa dilakukan dengan anak. Instagramnya bisa di cek di sini. Jangan lupa, aplikasi ini gratis hehe. Jujur memang ada aplikasi lain yang lebih bagus dan lengkap, yang memang fokus untuk edukasi bayi dan anak,  dan memang aplikasi seperti itu biasanya berbayar langganan tahunan, tapi saya belum pernah coba investasi ke sana, saya masih coba di Chai's Play dulu, karena mikirnya, di aplikasi yang gratis ini aja kadang banyak mainan yang saya gak coba juga, apalagi berbayar hehe.


 

5. Halodoc

Buat parents baru yang panikan kayak saya, Halodoc ini membantu banget. Pasalnya, saya suka tanya-tanya banyak hal ke dokter. Kalau ke RS, saya punya list panjang buat ditanyain, dan bisa setengah jam sendiri konsultasinya. Nah, pake Halodoc ini biar kita bisa konsultasi online dengan dokter anak atau dokter apapun deh, biar kita gak perlu ke buru-buru ke RS kecuali untuk hal-hal yang urgent. Misalnya, saya cuma ingin memastikan jadwal vaksinasi "boleh ditunda gak ya dok?" atau "jadwalnya sudah benar belum ya dok?", atau "dok, ini anak ada merah-merah gini kenapa ya?", soalnya di Halodoc bisa kirim foto juga hehe. Pokoknya dari hal penting sampe gak penting (tapi menurut saya penting) ditanyain, haha.

Dan ternyata di masa pandemik gini, Halodoc kepake banget, karena kan kita disuruh di rumah aja, tapi kan butuh konsul juga dengan dokter. Menurut saya, kalau misalnya kurang sreg dengan jawaban dokternya, kita bisa konsul sama dokter lain kok, biasanya saya begitu haha, buat cari second opinion aja sih, apalagi jika diresepi obat. Biasanya kalo rekomendasi treatmentnya sama, ya saya ikuti, kalau tidak, ya sesuai feeling feeling masing-masing aja hehe biasanya ibu-ibu tau kok apa yang terbaik buat anaknya.

Terkait biayanya, Halodoc ini masih sering ada promo jadi gratis hehehe. Tapi kalau gak promo, saya pernah coba konsul DSA biayanya 25rb untuk satu sesi 30 menit. Masih lebih murah daripada konsul ke RS kan, mana ngantri pula, hehe save time save money.


6. Flo

Kalo ini, khusus untuk para ibu-ibunya yaa.
Sudah haid tapi belum KB? Atau malah lagi usaha ingin punya anak, Flo ini mencatat tanggal menstruasi para moms nih. Udah agak gak jaman nih catet-catet kalender, haha. Kalo di Apps ini selain bisa reminder juga kapan mens, bisa juga cek kapan masa subur kita. Kemudian juga banyak artikel-artikel tentang kesehatan reproduksi yang bisa moms baca, kadang juga ada diagnosis apakah haid mom termasuk normal atau agak kurang normal dan rekomendasi untuk cek ke obgyn atau tidak.

Sepengalaman saya, aplikasi ini perhitungannya akurat. Semakin kita mengisi data dengan lengkap seperti symptom haid, volume haid, kapan berhubungan suami istri, perhitungan akan semakin akurat. Kalau kita telat haid, ada reminder suruh test pack juga, hehe. Di aplikasi ini juga bisa berubah menjadi pregnancy mode alias mode hamil lho. Kalau kita sudah menyatakan hamil, tampilan akan berubah jadi mode hamil di mana ada track pertumbuhan janin setiap harinya.

  Period Tracker Flo, Ovulation Calendar & Pregnancy v4.25.1 Premium ...

7. Atmosphere

Siapa mau anak tidur pules sehingga parents juga bisa tidur pules? Sayaaa. HEHE. Sejak tau tentang Baby Sleep, saya jadi mendewakan pentingnya tidur pada anak. Bayangin, tidur ternyata ngaruh banget ke pola makan, perkembangan, mood, dll! Pastinya juga ngaruh ke kewarasan ibu bapaknya. Bayangin kalo anak tidur sebentar-sebentar doang atau tiap jam bangun minta nyusu. Pasti capek, udah gitu baby blues, duh pokoknya gak enjoy banget (keinget masa-masa itu hehe).
Untuk anak dengan easy temperament sih biasanya gak ada masalah sleep, tapi kalo kayak BabyA yang merupakan spirited baby, waduh saya pernah sampe ga punya waktu sama sekali karena tidurnya kacau. Tidur sebentar-sebentar lah karena gampang bangun oleh suara kecilpun. 
Nah aplikasi ini bagus banget untuk menyetel White Noise untuk membuat tidur baby lebih nyenyak dan tidak terganggu. White noise ini adalah suara statis kumpulan dari berbagai macam suara dengan frekuansi berbeda-beda. Efeknya menenangkan bagi bayi, karena di rahim pun bayi mendengar suara bergemuruh dalam perut. Contoh white noise lain adalah hujan, vacum cleaner, kipas angin, dsb. Kalau mau tahu tentang White Noise dan Baby Sleep, soon saya akan bahas di blog dan update dengan link blog saya ya. Saya juga pernah bahas Baby Sleep di Instagram highlight saya, bisa cek di sini

Aplikasi ini gratis lho, tapi punya suara-suara yang lengkap banget, dari suara hujan, white noise,  alat musik, underwater, dan suara binatang ternak juga ada hehe. Dan juga suaranya bisa di combine antara berbagai macam suara dan bisa pakai timer juga, jadi misal mau tidur siang kira-kira 1,5 jam, ya pasang timer 1,5 jam aja jadi ga usah bolak balik matiin. Simpel dan sesuai banget dengan yang saya butuhkan!

Tampilan Aplikasi White Noise Atmosphere Iphone

*
Aplikasi di atas semua gratis, meski ada in app purchase seperti untuk menghilangkan iklan atau mengambil fitur yang lebih lengkap. Tapi bagi saya fitur dasarnya sudah lengkap dan berguna sekali.
Sebenarnya banyak sekali aplikasi-aplikasi parents yang lain, misalnya kayak feeding tracker, saya pernah pakai juga waktu mau ngitung frekuensi dan jadwal minum baby, tapi saya gak rutin jadi ya saya hapus karena dihitung manual juga bisa hehe. Saya sempat download aplikasi sejenis di atas juga, tapi hanya aplikasi-aplikasi di atas ini yang masih bertahan di HP saya, dan masih sering saya buka untuk tahu informasinya.

Adakah yang pakai aplikasi yang sama? Atau ada rekomendasi aplikasi yang berbeda? Tulis di komen yaaa :)

No comments

Post a Comment

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.