SLIDER

MAU GANTI GADGET? COBA LAKUKAN HAL INI DULU


Baru-baru ini saya merasa ingin ganti gadget. Jadi, ceritanya saya punya sebuah tablet yang sudah 4 tahun lamanya. Tadinya ingin saya jual lalu beli gadget baru untuk baca buku, atau upgrade ke versi tabletnya yang lebih terbaru, maklum saya belinya pun secondhand (bekas) dan bukan tipe terbaru di masanya hehe. Tapi saya sendiri bukan tipe orang yang ringan mengeluarkan uang untuk barang tersier, namanya ibu-ibu ya banyak pertimbangan :P

Lalu jadilah saya mulai menganalisis apakah saya benar-benar butuh gadget baru? Saya mulai lihat dari fungsinya, apakah fungsinya masih bisa memenuhi kebutuhan saya? Apakah terdapat kerusakan?
Ternyata, gadget saya masih berfungsi dengan sangat baik. Awalnya saya merasa baterainya sudah mulai tidak kuat. Tapi, setelah saya ganti beli charger baru, performanya sudah ok lagi. Ternyata saya hanya bosan, sebagian besar karena tampilannya. Pada akhirnya saya mulai utak-atik lagi gadget saya sehingga saya berubah pikiran untuk tidak jadi membeli gadget baru. Hehe. Bagaimana caranya?

Ini beberapa hal yang saya lakukan sehingga berubah pikiran dari membeli gadget baru.

1. Membersihkan Body Gadget

Setelah dipikir-pikir, meskipun saya cukup rutin bersihkan gadget, tapi saya tidak benar-benar deep clean alias membersihkan secara menyeluruh. Biasanya cuma lap-lap aja depan belakang. Nah, kali ini saya benar-benar buka casing alias pelindungnya, hilangkan noda-noda membandel, dan hilangkan semua jejak minyak. Cukup pake lap atau tisu basah aja kok! Setelah itu cepat-cepat keringkan dengan lap kering atau tisu kering. Squicky clean! As good as new. Jika teman-teman menggunakan casing silikon, teman-teman juga bisa mencucinya dengan baking soda dan menggosoknya supaya yang tadinya menguning jadi kinclong lagi. Hal ini juga berlaku untuk HP, komputer dan laptop ya! Coba mulai bersihkan debu-debu dan minyak membandel, bersihkan sela-sela keyboard dengan brush bekas, kemudian di lap dan dikeringkan. Pasti jadi lebih nyaman melihatnya :)

2. Ganti/ Lepas Aksesoris (Casing, Screen Protector, dll)

Ada kemungkinan juga saya sebenarnya bosan dengan casing gadgetnya. Kalau diingat-ingat, selama 4 tahun ini gak pernah ganti casing haha. Sudah buluk banget dan bahkan sedikit rusak. Nah, karena saya belum nemu casing baru yang saya mau, saya lepas saja casing gadgetnya. Wow, ternyata masih mulus dan kinclong, apalagi setelah dibersihkan. Jadi kayak baru dan sparks joy lagi hehe. 
Kalau diingat-ingat, dulu saat pertama kali punya gadget tersebut, saya senang sekali memasangkannya dengan casing baru. Nah coba deh teman-teman mulai cari-cari casing baru yang lebih bagus, alih-alih ganti gadgetnya. Atau kalau saya lepas saja casingnya hehe.

Buat teman-teman yang pakai pelindung layar atau screen guard dan sudah banyak retak, bisa juga coba ganti atau lepas saja screen guard-nya. Jangan lupa di lap, agar layar jadi mulis lagi seperti baru! Kalau teman-teman juga pakai pelindung keyboard laptop, teman-teman bisa coba lepas dan ganti baru, biar terasa seperti baru lagi. 

3. Ganti Wallpaper

Masa sih ngaruh? Awalnya saya juga tidak menyangka saya bakal berubah pikiran cuma gara-gara ini. Tapi ternyata ngaruh banget! Jadi saya itu kayaknya udah 1 tahun gak ganti wallpaper, jadi saya coba cari-cari wallpaper baru. Teman-teman bisa cari di google atau download aplikasi penyedia wallpaper di app store/google play. Ternyata banyak wallpaper-wallpaper baru yg high resolution dan bagus-bagus. Ketika dipasang, itu jadi bikin gadget kita kayak di display toko gadget. Hahaha serius, cobain deh! Kalau bisa tidak usah pasang wallpaper berupa foto-foto pribadi dulu, pasang wallpaper dengan pemandangan atau abstrak yang bagus banget, biar kayak gadget2 display di toko. Coba dulu aja, saya sendiri jadi malah menikmati pemandangan baru di layar gadget saya.

4. Berbenah Isi Gadget

It’s a must! Salah satu yang bikin penat mengoperasikan gadget kita adalah isi gadget itu sendiri. Foto yang tidak beraturan, duplikasi data, aplikasi yang tidak terorganisir, membuat secara tidak sadar kita penat dari gadget kita. Belum lagi dengan banyaknya file, membuat gadget kita jadi lemot dan tidak berfungsi dengan baik, tidak heran kita merasa ingin beli gaget baru, padahal jika manajemen file kita masih berantakan, gadget baru pun akan cepat membuat penat juga.  Coba lakukan beberapa hal berikut ini agar gadget lebih terorganisir:
  • - Backup foto, video serta memori lain yang sudah lama, dan hapus duplikasi-duplikasi data.
  • - Hapus aplikasi yang sudah jarang atau tidak pernah terpakai. 
  • - Susun aplikasi ke dalam folder yang rapi. Bisa dikategorikan sesuai dengan fungsinya, atau jika ingin mencoba hal baru, coba disusun berdasarkan warna.
  • - Gunakan aplikasi cleaner untuk menghilangkan file tersembunyi yang tidak penting seperti sisa-sisa file aplikasi, chache dan cookies browser. Untuk komputer, bisa coba cara Disk Cleanup.

5. Unduh Aplikasi-Aplikasi Baru

Setelah gadget rapi dan berfungsi dengan optimal karena sudah dibenahi, baru deh mulai mencari-cari aplikasi yang bisa membuat rasa bosan hilang. Bisa jadi kita bosan dengan gadget karena rutinitas yang sama dilakukan di gadget kita. Inget gak sih pertama kali beli gadget baru? Pasti kita coba install-install aplikasi baru baik yang sudah familiar, juga yang kurang familiar. Saat beli gadget baru, kita jadi merasa tertantang untuk mengeksplor gadget kita, baik dengan mengutak-atik pengaturan atau dengan mengunduh aplikasi-aplikasi baru.

Nah, tidak perlu menunggu gadget baru untuk coba hal ini. Coba deh teman-teman download aplikasi-aplikasi baru. Sudah bertahun-tahun lamanya, pasti ada saja aplikasi terbaru yang muncul di app store/google play, atau microsoft store. Teman-teman bisa download e-reader baru, editor foto baru, fitur kamera baru,  pembuat sketsa baru, organizer baru, atau bahkan games-games baru. 

6. Ganti Spare Part

Untuk gadget yang sudah rusak atau performanya ternyata sudah berkurang, teman-teman bisa coba cek ke "dokter" atau alias ahli alat elektronik untuk menganalisis kerusakan gadgetnya. Jangan buru-buru ganti gadget dulu, manatahu kerusakannya hanya sebagian kecil dan biaya penggantiannya tidak terlalu mahal, tidak semahal membeli gadget baru. Biasanya ada beberapa gadget yang butuh ganti baterai atau mungkin hanya ganti charger, agar baterai tidak gampang down. Kalau kerusakannya fatal dan biaya reparasinya beda tipis dengan membeli gadget baru, baru deh teman-teman bisa mempertimbangkan ulang untuk membeli gadget baru, hehe.


Ini hasil gadget saya setelah dibersihkan, ganti wallpaper, dan lepas casing. Hehe jadi malah sayang buat ganti baru karena ternyata masih bagus. 

Tentu saja tidak masalah jika teman-teman ingin langsung ganti atau upgrade gadgetnya. Tapi coba pikirkan kembali dulu apakah memang karena benar-benar butuh fitur barunya? Karena gengsi? Atau cuma karena penat dan bosan dengan tampilan dan isi gadget kita? 
Kalau cuma bosan, mungkin bisa melakukan hal-hal di atas terlebih dahulu. Kalau teman-teman ingin mengganti gadget untuk kegiatan produktif atau pekerjaan  profesional yang mungkin akan kurang bersaing jika tidak menggunakan fitur terbarunya, silahkan ganti gadgetnya :)

Kenapa sih kita perlu berpikir ulang dalam membeli gadget? 

Setiap apa yang kita beli, termasuk alat elektronik akan menambah waste alias sampah di lingkungan. Sedangkan, sampah elektronik itu berbahaya lho, bahkan jika hanya disimpan di rumah. Jika tidak diolah dengan baik atau ditumpuk begitu saja, akan mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi lingkungan, bahkan bisa menyebabkan meledak lho! Maka, kita perlu memikirkan agar kita tidak terlalu over konsumtif dalam memiliki gadget sehingga kita tidak menyumbang banyak sampah elektronik. Saya sendiri lebih suka membeli gadget bekas, dan bahkan menjual gadget saya jika ingin mengganti yang baru. 

Jika ingin mengganti gadget, jangan lupa gadget lamanya dikirim ke E-Waste RJ, sebuah lembaga pengolah sampah elektronik, agar sampah elektroniknya bisa diolah dengan baik dan tidak mencemari lingkungan. Hal ini berlaku juga untuk barang elektronik lainnya ya seperti kabel-kabel, baterai, tv, dan lain-lain!

So, teman-teman jadi ganti gadget-nya ngga nih? :)

No comments

Post a Comment

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.