SLIDER

SECOND PREGNANCY STORY pt.1 - trimester pertama bagai zombie

Ups ketahuan! Iyaaa... saya tuh sedang hamil, hehehe. Hah Syaki hamiil? Pasti langsung pada ngejudge "bayi corona ya?", "hasil WFH ya?" Emmm...padahal mah suami saya gak WFH wkwk. Trus kalo ditanya, "emang gak KB?" emmm...KB tendang itu KB bukan? hahahaha. Ya intinya begitu lah. Sebenarnya saya gak menyangka akan hamil karena berbagai alasan. Tapi ternyata ini takdir Illahi hehe, kadang takdir Illahi lebih kuat daripada IUD huehehe (eh tapi saya belum sempat IUD).

Jujur memang awalnya saya agak denial sama kehamilan kali ini, bukan saya tidak mau punya anak kedua, tapi lebih pertanyaan, kenapa sekarang? Pertama, ini masih pandemi. Kedua, Afka belum 2 tahun dan belum menyapih, huhu. Tapi cuma bisa hudznudzon sama Allah kalau waktu yang diberikan selalu yang terbaik. Setelah mulai acceptance, kok jadi malah excited banget pengen cepet-cepet bayinya lahir hehe. 

Mau cerita dulu awal mula tau hamil. Awalnya itu saya merasa kok capek banget badan, trus kok gerah. Trus Afka kok nenennya gigit mulu ya? Payudara sakit pula, kirain karena keseringan digigit jadi linu gitu, tapi kok lama banget ya. NAH LAGI LAGI GUYS, suami saya yang curiga duluan dan ngingetin, (kamu hebat banget pak Hari :D)

(baca juga: PREGNANCY STORY pt.1 )

Ibun    : Payudara ibun kok sakit banget ya dinenenin Afka.

Abah   : Jangan-jangan kamu hamil, bun.

Ibun    : Masa sih? 

Abah   :Iya, udah berapa lama gak mens coba?

(pas ngecek apps Flo, ternyata udah sebulan guyss wkwkw.)

Ibun    : (masih denial), ini karena ibun makannya gak bener, bah (emg lg suka makan yg manis-manis

Abah   : pagi2 cek aja (tespack).

** yaudah tau hasilnya gimana hahaha. Dan respon suami masih sama kayak dulu, senyum-senyum, tapi senyumnya kali ini ditambah ekspresi "waduh, serius?" wkwkw. Yaudah gitu guys. Dan sama seperti dulu, saya langsung book obgyn, kali ini langsung ke dokter Leri yang dulu melahirkan Afka. waktu itu ternyata saya masih 8 minggu, dan bayi masih kayak setitik bulat gitu, belum ada detak jantung. Tapi next month, sudah ada detak jantungnya, masyaAllah :")

Btw, lumayan early kan berarti ketahuan hamilnya. Biasanya kalau dari cerita-cerita orang itu suka baru tau hamil kedua pas udah 3 bulan atau bahkan 4 bulan gitu haha. Nah, itu juga sebenarnya karena kehamilan kali ini beda banget sama yang pertama. Kali ini saya bisa benar-benar merasakan perbedaan (yang sayangnya kurang enak) di tubuh saya. Di postingan ini saya ingin share beberapa yang saya alami di trimester pertama:

1. Muntah dan Gak Nafsu Makan

Berkebalikan dengan saya selama pandemi yang makannya agak rakus sampe naik 10 kg, tiba-tiba kok jadi gak selera makan ya. Terus setelah sudah tau hamil, berbeda dengan kehamilan lalu yang tidak muntah sama sekali, kali ini saya muntah-muntah. Gak cuma pagi, tapi sore ke malam juga bisa muntah (maap ya jorok). Telat makan muntah, habis makan tapi muntah juga. Ada bau yang ga enak, muntah. Ya Allah, cobaan ini.

Alhamdulliah baby di kandungan masih bertambah besar, saya nya aja yang malah turun 2 kilo selama trimester ini. Gimana cara mengatasinya? Gimana lagi selain tetep dimakanin aja hehe. Makan gak boleh telat, dan benar-benar gak bisa banyak. Asli sekarang saya kalau makan, seperempat porsi saya biasanya.  Pencernaan saya yang sekarang dan dulu juga sudah beda, karena saya mulai clean eating, saya udah gak begitu bisa makan roti dan susu. Dulu saya biasa minum susu hamil meski  ga rutin, untuk tambahan aja kalau saya mual. Sekarang minum susu hamil saya rada mencri, hehe (maap lagi). Tapi alhamdulilllah masih bisa minum vitamin. Huhu berdoa kenceng Ya Allah semoga segera berakhir yang kayak begini, aamiin.

2. Super duper sensitif

Aneh tiba-tiba kayak punya super power. Bau apa aja saya mual. Bahkan bau air yang biasa saya pakai mandi aja eneg. Bau kamar mandi eneg, bau makanan yang ada dagingnya (kayak bakso, kari, gitu eneg), bau rumput eneg. Selain itu saya juga sensitif banget terhadap matahari dan angin. Di puncak sensitif itu kalau gak salah pertengahan trimester itu saya benar-benar gak mau keluar (kasian Afka sih, dia cuma main pagi doang sama abahnya). Kena matahari itu kayak yang panas banget, giliran ada angin juga lgsg merinding yaampun. Gorden saya tutup pas siang, udah kayak warga yang dikucilkan wkw.

Trus anehnya lagi, sama gigitan nyamuk juga sensitif banget dooong. Sekarang ada nyamuk gigit misal di kaki, itu sangat terasa dan saya bisa sempat pukul duluan karena udah langsung terdeteksi. Trus pernah ngerasain gigitan nyamuk tuh sakit banget kayak di pencet pake jarum pentul sebentar gitu.

Nah, selain itu kan karena corona jadi sering Netflix-an nih. Anehnya film-film biasa yang sebenarnya gak sedih-sedih amat tuh saya bisa nangiis bombay. Kayak bahkan saya nonton Petualangan Sherina aja di Netflix, saya nangis banget loh, sampe netes-netes wkwk. Trus nonton apa ya, kayak The Kissing Booth, Enola Holmes, yang film teenlit gitu aja nangis doong wkwk. Kata suamiku: anaknya cewek kali, lebay. WKWKW

3. Capek Banget

Selain saya tenggelam dalam badmood corona, saya jadi sangat minim berolahraga. Badan saya lemah, tapi entah kenapa kok capeknya makin menjadi-jadi dan jadi gampang banget capek. Dulu saya hamil masih bisa jalan, olahraga, yoga. Sebenarnya pas awal saya hamil itu saya baru mulai lagi olahraga dari youtube, tapi yaampun asli lemes banget, kirain mah karena udah lama gak olahraga, eh ternyata sekalian hamidun hehe. 

Alhamdulillahnya, Afka udah bisa main sendiri, jadi gak selalu 100% harus saya ikutin, tapi tetap diawasi. Jadi saya bisa rebahan di sofa sambil liatin dia main aja. Jadi sebenarnya untuk mengurus Afka sekarang tidak terlalu menguras energi.

** 

Banyak PR banget untuk kehamilan kali ini, khususnya yang terkait Afka. Mempersiapkan dia menjadi kakak, dan menjadi mandiri. Niatnya mau potty training dulu, jadinya malah harus belajar menyapih dulu nih hehe.

Emangnya gak terusin ASI?

Kata Obgyn    : Sebenarnya seusia Afka (20 bln saat itu) menyusui udah bukan nutrisi utama. Boleh saja dilanjutkan asal tidak terjadi kontraksi atau flek saat menyusui.

Kata DSA       : Boleh saja menyusui, asal janinnya masih bertambah BB nya. 

Sebenarnya saya tidak ada masalah kandungan, dan memungkinkan untuk Nursing While Pregnant. Tapi saya terlalu sakit ketika menyusui Afka, payudara saya begitu sensitif dan saya juga mual dan tidak fit sehingga saya sudah merasa tidak nyaman menyusui. Afka juga sudah hampir 2 tahun, jadi saya memutuskan untuk mencoba menyapih. Cerita menyapih later on yaa kalau sudah berhasil hehe.

Nah gimana nih teman-teman? Ada yang mengalami hal yang sama? Pokoknya trimester ini saya jadi zombie, atau vampir ya? Yang selimutan kalo keluar, yang tutup jendela kalo siang, yang rebahan terus gak kuat ngapa-ngapain, yang meraung-raung kayak zombie karena habis muntah. Pingin cepat-cepat adeknya Afka lahir, karena pingin cepat-cepat melewati fase ini.

If you have any tips, please share di komen yaa! :)

No comments

Post a Comment

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.