SLIDER

PREGNANCY STORY .pt1 – beneran nih hamil?


Saya menikah di tahun 2017. Kalau ditanya apakah ingin langsung punya anak atau tidak, saya dulu jawabnya “se-dikasih-Nya aja”. Deep down mungkin sebenarnya belum siap langsung punya anak, dan mungkin Allah menjawab isi hati saya sehingga belum dikasih hamil sampai 8 bulan setelahnya.

Saya dan suami tidak masalah sebenarnya, karena kami pun masih menikmati belajar beradaptasi hidup berdua. Tidak ingin buru-buru juga. Tapi memang yang namanya orangtua suka cemas sehingga seringkali saya disuruh makan/minum tertentu yang katanya bikin “subur”. Sebenarnya agak tertohok gitu sih sebagai wanita kalau dianggap tidak subur. Ya.. saya jg menyadari mungkin saya belum hamil karena pola makan saya yang amburadul semenjak menikah. Setelah menikah saya naik 7 kilogram dalam 3 bulan hahaha. Namun di samping itu, saya berusaha sih memperbaiki pola makan dan kesehatan (saya akan bahas di postingan lain tentang program hamil).

Gagal Surprise Kehamilan

Saya selalu berencana ketika sudah tes hamil saya akan memberikan surprise ke Akang. Seperti orang-orang di youtube itu loh, saya suka melihat video-video reaksi suami-suami yang dikasih surprise testpack. Ingin tau aja gimana sih reaksi si Akang, soalnya kadang kalo saya excited dia malah lempeng wkwk.

Karena sejak awal menikah sudah sering tespack namun hasilnya selalu negatif, makin lama saya sudah tidak pernah cek-cek lagi pakai testpack. Males, tespack mahal, bok! haha intinya kalau mens hadir, ya ngga hamil gitu, jadi tunggu aja tiap bulan. Jadwal mens di aplikasi pun sudah tidak pernah diupdate. Pokoknya udah lah pergaulan bebas aja gitu 😛

Suatu hari suami saya bilang:

Akang : “Say, kamu kok belum mens?

Syaki : “Eh masa? Bukannya baru selesai ya..?”

*halu. Padahal udah terlambat 1 minggu setelah ngecek periods apps.

Syaki : “Oh iya udah telat.”

Akang : “Cek sana.”

Saya deg-degan, karena saya gak pernah telat mens, apalagi sampai seminggu. Selalu tepat waktu. Sejak menikah, suami agak hafal, atau punya feeling terhadap jadwal mens saya (hebat ya, saya aja engga hafal).

And then, sudah tau lah ya hasilnya gimana. Saat itu saya langsung nyeplos aja ke suami kalo hamil. Kami berdua tersenyum, terharu, dan pelukan. Shock sih, ngerasa “eh kok beneran hamil?” (lah menurut ngana? wkwk). Selain itu, yang saya pikirin adalah “kenapa yaaa keluar kamar mandi gak boong aja gitu biar bisa surprise” soalnya dua hari lagi Akang ulang tahun. Padahal bisa jadi kado tambahan selain cukuran jenggot elektrik yang Akang request jadi kado. Yah gapapa lah kami tetap bersyukur banget akhirnya hamil, alhamdulillaah.

Ke Dokter Sp. Kandungan

Dua kali saya testpack positif, kami memutuskan langsung ke Obgyn. Saya clueless banget obgyn yang bagus siapa, apalagi saya baru pindah ke Bandung. Sebenarnya, sebelum ini kami pernah ke Obgyn untuk cek kandungan/fertility, namun dokternya tidak ada yang bagus. Akhirnya kami agak asal pilih saja yang antriannya sedikit dan cara bicaranya masih bisa ditoleransi hehe.

Di ruang dokter, begitu dipersilahkan untuk berkonsultasi dan ditanya “sudah pernah testpack?”, saya langsung tunjukkan testpack yang udah diplastikin (which i don’t know if it’s necessary lol). Setelah itu diperiksa, ini bukan pertama kali saya di USG. Pertama kalinya saat saya punya kista rahim waktu kuliah. Tapi ini pertama kali USG sejak kehamilan, terharu banget sampai keluar air mata. Kayak, masih ga nyangka kami bakal jadi orangtua. Baby nya masih kayak telor, waktu itu masuk 8 minggu kehamilan. HPL (Hari Perkiraan Lahir-nya) 15 Januari 2019, apakah dia akan jadi anak Januari seperti ibunya?

(Foto USG)

Nah selama konsultasi ini saya nanya buanyak banget pertanyaan yang udah saya siapkan di notes HP (gamau rugi). Mulai dari boleh/tidak makanan apa, boleh berhubungan/tidak, olahraga, dll (lupa). Pada intinya semua boleh, sampai dokter bilang tidak boleh. Hahaha. Paling utama soal makan sih, makan apa saja boleh asal matang! Kemudian saya diresepkan multivitamin folamil saja waktu itu. Setelah USG ini kami baru mengabari kehamilan ke orangtua-orangtua kami.

Oh iya selain itu saya meminta untuk cek Tokso, karena seumur hidup saya main sama kucing, hehe. Bahkan saat hamil ini saya baru mengadopsi dua kucing kecil. Sebenarnya check up baru akan dilakukan trimester 2, tapi saya meminta untuk langsung cek darah juga. Hasilnya alhamdulillah bagus semua, dan tidak ada Tokso. Tes Tokso ini sebenarnya ada juga di rangkaian tes pra nikah, tapi aku sama sekali gak tes, hanya tes HIV kalau gak salah yang merupakan wajib dan gratis dari KUA.

Trimester Pertama

Besoknya, benar2 keesokan hari setelah ke Obgyn, saya langsung eneg dan mual-mual dong! hahaha saya heran. Padahal sebelum tau kalau hamil saya tidak merasakan apa-apa sama sekali. Apa ini sugesti ya? Tapi kok jadi berlangsung 3 bulan? haha.

Trimester pertama, subhanallah, rasanya hampir traumatis banget. Meski saya bukan tipe yang muntah-muntah sampai gak bisa makan, tapi saya mual, gak enak badan, dan lain-lain. Berat badan saya bahkan tidak naik selama 3 bulan pertama. Kebetulan saya juga melalui bulan Ramadhan dan berakhir bolong banyak sekali puasa karena mual, huhu.

But now i know that this is pregnancy! Di trimester ini sebenarnya saya masih percaya gak percaya kalau ada “sesuatu” di perut. Semua orang bilang kalau bayi harus diajak berbicara dan stimulasi sejak awal di kandungan, tapi, i still haven’t found the connection. I don’t know what to say, and why? Can she hear us? Sejujurnya di trimester pertama ini saya cukup abai kalau saya hamil. Soalnya perut belum berasa apa2, janin masih diam ditempat. Saya belum merasakan perubahan apapun kecuali mual. Perubahan yang saya rasakan cuma dari orang2 sekitar, yang mulai care, dan protektif sama saya (muahahaha).

Salahnya, saya kurang menjaga pola hidup sehat. Saya masih takut-takut olahraga, jarang keluar rumah juga (padahal vitamin D matahari bisa mengurangi mual). Males juga sih sebenarnya karena kalau pagi eneg.

Kalau makan, apa saja dimakan sih sebenarnya, kecuali bubur ayam yang entah kenapa saya jadi gak suka. Padahal bubur ayam mang soleh yang lewat depan rumah mertua enak banget.

Porsi makannya, biasa aja juga, gak yang terus nambah-nambah makanan bergizi, duh kalo diinget-inget nyesel hehe. Sesekali minum susu hamil, saya cuma suka susu A*mum. Saya sudah minum ini sejak nikah (sebelum hamil) tapi memang ga rutin, dan emang udah menyeleksi susu hamil mana yang saya suka hehe. Saya minum susu ini kalau merasa makannya lagi kurang bergizi aja di hari itu (suka suka deh caranya haha).

(to be continued)

No comments

Post a Comment

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.