SLIDER

ADIK E 4 BULAN

Saat ini adik E sudah menginjak usia 4 bulan, masyaAllah! Saya baru menyadari kalau anak 0-3 bulan ke 4 bulan itu benar-benar berbeda. Ooh, makanya memang suka dibedakan ya fase newborn dengan bayi 4 bulan ke atas. Tiba-tiba aja gitu dia tuh aware sama sekitarnya. Dari yang bayi masih kriyep-kriyep, kaget-kagetan, digoyang-goyang tidur, ini dia sudah keliatan sikapnya. Dari mulai yang nolak tidur siang hueuehe, sampai sekarang kalau dinenenin gak langsung tidur, dan maunyaa maiiin terus. Pokoknya sudah punya keinginan!

Ini dia milestones baby E usia 4bulan. Ohiya maaf ya kalau saya nulisnya suka dibanding-bandingin sama kakaknya, soalnya ibunnya gak kesampean nulis perkembangan kakaknya dulu di blog hehe.

1. Berguling

Adik E sedikit lebih lambat berguling dibandingkan kaka Afka dulu. Dulu Afka 3 bulan akhir udah bisa mulai berguling, sedangkan adik E baru pertengahan 4 bulan baru bisa, meskipun sebelum-sebelumnya sudah effort. Mungkin dia tuh keberatan kali ya hahaha habis dia emang termasuk bayi besar. Nah akhirnya di akhir 4 bulan dia udah bisa lancar berguling, baik ke tengkurep maupun balik lagi. 

Wanti-wanti nih dulu kakaknya usia 5 bulan jatoh dari kasur gegara berguling, sekarang semoga adik engga hehehe. Trus kadang dia tuh udah berguling ngomel sendiri haha

2. Meraih dan menggenggam

Lucunya adik udah bisa meraih-raih dan menggenggam masukkan ke mulut. Nah kalau masalah ini kayaknya dia lebih cepat daripada Afka. Dulu Afka belum bisa yang meraih tangan ke depan, baru yang di depan perutnya aja, dan memasukkan ke tangannya juga pelan-pelan. Kalau adik dia lumayan cepat eye-hand coordinationnya. Nah tapi kalau adik, dia tidak terlalu excessive dalam mengemut tangan atau benda-benda nih. Dulu waktu Afka 3 bulan aja dia udah excessive banget ngemut tangan sampe ngiler kemana-mana, terus akhirnya harus dikasih teether, padahal tumbuh gigi juga belum hehe. Kalau adik belum dikasih teether sekarang.

3. Takut suara ambulans dan "auuu"

Tau gak sih filter instagram yang orang tiba-tiba berubah jadi kuda dan ada suara "auu"? Adik E gak ditontonin sih, tapi ngedenger aja suaranya, terus dia nangis dong haha. Terus juga kakaknya punya soundbook yang ada suara sirine ambulans, dan kadang-kadang ada juga di TV pas kaka A lagi screen time, trus adik E langsung memble dan nangis hahaha.

4. Four months sleep regression

Oh akhirnya saya merasakan hal ini hahaha. Dulu itu bukannya kaka A gak regression ya, tapi gak berasa. Soalnya dulu dari awal kaka A tidurnya emang gak bener, gak teratur, jadi pada masanya sleep regression juga gak berasa, sama-sama aja susah tidur haha. Malah waktu itu ngerasanya lebih better daripada newborn soalnya usia 4 bulan udah ada polanya gitu loh dibandingkan pas newborn. Tapi sekarang untuk adik E, dibandingkan dengan fase newbornnya yang siang tidur, malem tidur, 4 months sleep regression jadi berasa bangeet haha. Tiba-tiba nolak tidur siang, dinenenin gak langsung tidur kayak dulu, pokoknya sekarang jadwal udah penting!

Ohya, 4 months sleep regression ini sebenarnya adalah progres ya, progres bayi dimana dia sudah punya ritme circadian lho sekarang, jadi dia sudah membedakan siang dan malam. Kemudian bayi juga sudah punya awareness dan akan mencapai milestone nya yaitu berguling. Sebenarnya, untuk tidur malam adik E masih ok banget, tapi tidur siangnya aja niih yang berkurang (hahaha aduh waktu mamak berkurang deh). Malam pernah satu malam aja dia tiba-tiba bangun karena ingin tengkurep hahaha. It's okay! Ini hanya fase.

Nanti tips 4 months sleep regressionnya di share di postingan lain ya.

5. Ketawa liat kakaknya

Adik E itu ngefans banget sama kakanya. Dia selalu amazed sama apa yang dilakukan kakanya. Emang sifat anak kecil kali ya untuk suka dan memperhatikan anak kecil yang lain. Kaka A loncat-loncat dikasur adik E bisa ngakak. Kaka A nangis tantrum dia malah ketawa wwkwkw. Eh tapi kalau lagi ngantuk, kalau kaka A nangis dia juga ikutan nangis hehe. Pokoknya seneng banget merhatiin kakanya, padahal kakanya cuek bebek! wkwkw ya gitu deh kaka A masih belum perhatian sama adiknya, namanya juga masih fase autonomi nih anak.

No comments

Post a Comment

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.